Sabtu, 29 November 2014

Tahfidz Quran

Assalamu'alaikum, wankawan.
Anyway, kali ini gue mau cerita tentang sekolah gue. But tapi cerita kali ini lebih spesifikasi.
Well, gue terdampar di sekolah ini. Which was, sekolah beragama. Dan fyi sekolah agama itu pelajarannya sedikit lebih banyak dibandingkan sekolah biasa atau sekolah negeri. Karena kalo di sekolah biasa, pelajaran agama itu dijadiin satu. Kalo di sekolah beragama, ilmu agama nya lebih di spesifikasiin lagi.
Anyway, disekolah gue ada 4 jurusan dan hanya membuka 7 kelas setiap angkatannya. Kalo angkatan gue;
IPA 1 : 26 Siswa/i
IPA 2 : 32 Siswa/i
IPA 3 : 31 Siswa/i
IPS 1 : 33/34 Siswa/i
IPS 2 : 32 Siswa/i
BAHASA : 17 Siswa/i
AGAMA : 23 Siswa/i
Well, dan semua jurusan pun menerima semua spesifikasi pelajaran agama. Termasuk yg satu ini, yg akan gue perjelas, dan tentu nya gue akan ceritain ke kalian semua.
Tahfidz Quran adalah salah satu pelajaran (mutlak) yang diajarkan di Madrasah Aliyah oleh pendidik.
Tahfidz Quran adalah salah satu pelajaran berat yang di alami para siswa/i
Kenapa berat?
1. Tahfidz Quran itu pelajaran menghafal Quran. Jadi setiap semester, para siswa diharuskan menghafal beberapa surat yang harus dihafalkan. Antara lain
Semester 1 : setengah nya semua surat dari juz 30
Semester 2 : lanjutan semester 1
Semester 3 : As-Saff, Al-Jumu'a, Al-Munafiquun
Semester 4 : Al-Munafiquun
Semester 5 : At-Taghabun, At-Talaq
Semester 6 : At-Tahrim
Yak. Begitu lah.
2. Nih ya. Dulu gue bobrok bgt soal agama. Padahal, gue dr tk-bandot gini, sekolah pake kerudung. Bala bgt yak? Cuma pas di MAN doang, Alhamdulillah I found a lot of friend that remind me to Allah, yang suka kasih ilmu agama, informasi2 tentang islam, I am glad to be here anyway dan Alhamdulillah nya, gue cepet belajar.
3. Kali ini, gue mau ceritain pengalaman gue selama sekolah di MAN. Tapi gue cuma cerita semester 5 aja karena, semester 5 merupakan semester terberat yg pernah gue jalanin, anjas. Pengalaman ttg gue survival di pelajaran ini dan mendapatkan nilai yang super wipol bagus, Alhamdulillah ye.
Lo tau, semester 5 itu hafalan At-Taghabun dan At-Talaq. Sebenernya, At-Tahrim itu masuk di semester 5, cuma dikarenakan ada penambahan materi "Analisis Al-Quran", "Analisis surat At-Taghabun dan At-Talaq", akhirnya At-Tahrim diundur ke semester 6.
Awalnya gue mabok. Kenapa? Ketiga surat itu termasuk surat yang ayat nya ga banyak tapi ayat nya panjang2 dan agak rumit.
Dan gue gak mau ribet di akhir semester, akhirnya gue hafalan kebut. 1xpertemuan bisa 3-4 ayat(kalo lagi niat) dan akhirnya setelah beberapa kali pertemuan,
At-Taghabun selesai.
Then, makin mabok gue.
At-Talaq.
Butuh tarik nafas yang dalem, men. Only 12 ayat tapi puanjang ener ayat nya. Tapi kalo lo berusaha, pasti bisa kok, anjas.
Gue berusaha buat menghafal surat At-Talaq dengan cara gue sendiri dan Alhamdulillah Allah meridhoi cara gue. Tiba tiba, jumat lalu...
"Fah gue mau ayat 7-10"
"Fah gue mau ayat 11-12 terus lanjut Al-A'La buat nilai UAS"
Anyway, Afifah adalah salah satu siswi zuz yang paling alim dan dia yang paling cepet menghafal dan juga, pinter di berbagai pelajaran. I wish I could just like you so we could be fighting in the positive way, fah. Doain gue fah!!!!!!
Dan berkat doa, dukungan, semangat dari Afifah...
Gue dan Rifqoh dengan gaya masing2 datengin Pak Maman (Guru Tahfidz Kelas Gue) setelah abis sholat jumat (berjamaah) di ruang TU dan menyetor hafalan terakhir untuk semester ini
"Qoh Pak Maman lagi makan"
"Qoh Pak Maman udah selese"
Akhirnya dengan mental kerupuk yang dimasukin ke kuah bakso, gue ama rifqoh masuk ke ruang TU.
"Pak mau setor"
"Setor apaan"
"Setor Tahfidz pak"
Akhirnya, gue yang maju duluan. Gue yg di tes duluan
Alhamdulillah, gue udah selesai
At-Talaq dan dengan berani nya, maen nge gas surat Al-A'La
Sebenernya gue hafal surat ini, cuma ayat nya suka kebolak balik dan cuma hafalan beberapa kali aja.
DAN PAS LAGI DI TES.....
Semua orang TU denger.
Mereka hening.
Gue kaya ngaji di kuburan, taugak.
Eh tiba tiba, Pak Zamal (Guru Fiqih yang pernah jadi Guru Tahfidz semester 4 kelas gue) masuk ruang TU dan ngeliat gue ama rifqoh lagi hafalan and he was just,
"Nah gitu dong setor hapalan"
Wkwkkw anyway, semester 4 itu lagi males2 nya nyetor tahfidz wkwkwk maafkan aku, Pak UJB
NAH, PAS GUE LAGI HAFALAN.....
setiap ayat, di aminin sama Pak Zamal and it was making me down. Gue yg hapal ala kadar nya, di gituin, dan semua ORANG DI TU seperti memberi semangat lewat Tawa nya atas apa yang dilakukan oleh Pak Zamal. H e f t.
Dan akhirnya, Al-A'La is done beautifully.
Huh. Alhamdulillah bgt dah ah.
Hehehhehehe
Anyway, see you, At-Takhrim di semester 6!!!!
Mutia Novianti

0 komentar:

Posting Komentar