Sabtu, 01 November 2014

Keduanya

Arzanda Kemal Irawan

ZONK, selalu begitu. Dimana-mana zonk. Sekolah? Zonk. Kegiatan? Zonk. Cinta? Apalagi. Kayaknya tuh hidup gue penuh dengan kegagalan, ya? terlihatnya. Huft banget. Dari dulu sampe sekarang, gini-gini aja. Gak ada perubahan. Seriously, gue capek. Gue capek dan ini udah di titik paling bawah yang bawahnya kalah sama palung laut di manila (eh? Bener gak sih? Tau ah).

Pagi. Seperti biasa, kerjaan gue gitu-gitu aja. Jam 6 sampe jam 9 olahraga, entah itu jogging, ngegym bareng bokap, atau apalah. Lalu jam 10 sampe jam 12, waktunya kumpul keluarga, well soft of sih sebenernya karena Ayah sama Ibu cuma ada dirumah waktu hari sabtu dan minggu aja. Sebenernya, mereka mau banget pindahan ke tempat yang lebih dekat dengan tempat kerja mereka, Bandung. Cuma karena gue dan abang gue masih sangat imut dan kecil saat itu, mereka memutuskan untuk mem-pendingkan pindahan. Lama-kelamaan, gue sama abang ngerti pekerjaan mereka dan kami berdua menerima keadaan itu then akhirnya, gak jadi pindahan!!. Balik lagi, jam 1 sampe jam 3 atau mungkin aja bisa sampe malem, gue menghabiskan waktu dikamar, atau bersama abang. Tapi biasanya sih, gue lebih mau menghabiskan waktu gue bersama orang ini dibandingkan bersama abang gue, definitely.

“Ibu!!!!! Hari ini masak apa?” tanyaku menghampiri nyokap didapur yang sedang ribet (gatau deh, kayaknya lagi bereksplorasi dengan imajinasinya) bersama pembantu rumah kami, Ina namanya.

“lagi mau buat sarapan sekalian camilan buat nanti kan katanya mau movie marathon lagi. Kamu tolong panggil Ayah sama Erza ya. suruh mandi terus langsung ke meja makan. Kamu juga jangan lupa mandi!”

“siap bu bos!”

Lalu, gue langsung ke taman belakang rumah. Basecamp nya para jagoan-jagoan gue (kecuali si Erzanda, abang gue. #LAH). Tempat ini emang memorial banget deh, dari kecil sampe sekarang, gue suka banget sama taman belakang rumah. Well, Ibu gue seorang Arsitek. And I love every second of my house. Rasanya, gak bisa pindah. Dan ga akan pindah. Even if for a better life. Huh.

“AYAH!!! ABANG!!! DISURUH MANDI SAMA IBU!!! BENTAR LAGI MAU SARAPAN!!!”

Bergegaslah gue, ke kamar ambil handuk dan mandi. BEERRRRR. CCCEEEEBBAAAARRRR CCEEEEEBBUUUUURRRR!!!!!!!!!!!!!!. Begitulah bunyi irama kamar mandi Arzanda Kemal Irawan. Hehehe. But seriously, gue termasuk orang dengan tipe yang suka mandi. Suka bersih-bersih. But it doesn’t mean kalo gue itu cowo kemayu, ya!.

Pagi. Meja Makan Rumah Keluarga Irawan.

Beda. Beda banget malahan. But the dish is still the same. Semuanya sama. Setiap sabtu minggu, di jam yang sama, gue dan keluarga biasanya makan yang serba sayuran dan minumnya juga, Cuma air putih. Sumpah, keluarga gue bukan keluarga vegetarian tetapi karena Ayah seorang dokter jantung and he’s prohibited us to eat something yang banyak lemaknya sehabis olahraga. Katanya sih, percuma olahraga kalo makannya kebanyakan lemak. Padahal, he is a meat lover. Ya biarin aja ya, gue bingung ama keluarga gue sendiri. Ibu, seorang Arsitek terkadang berubah menjadi koki terkenal jika dirumah. Gue sampe bingung, omongannya tuh makanan terus. Gak pernah ngomongin tentang bahan bangunan ketika lagi kumpul keluarga kaya gini. Apalagi Erza, abang kurang ajar yang gue berharap gue merupakan anak satu-satunya dari keluarga ini. Erza merupakan orang yang terlalu banyak berbicara lewat sudut pandang yang banyak. Well, open minded sih. But sometimes he didn’t give a space for me for debate with them (dia itu mau ngalah, Cuma karena keseringan ngomong, begini deh.) ya. kali ini tema-nya adalah perempuan. Mampus gue.

“kalian udah punya pacar belum sih? Ibu lihat, yang kalian obrolin itu Cuma alat-alat gym aja”

“Erza sering gonta-ganti cewe tuh, bu!” gue nyeletuk, lalu kaki gue diinjek sama abang. Balada menjadi adik.

“wuih! Udah punya mantan berapa nih jagoan satu Ayah?” well, sebenernya gue benci banget kalo gue dipanggil “Jagoan dua” dirumah dikarenakan gue sama abang sama-sama dipanggil “Za” atau” Ja”. Huh banget gak sih sob?

“baru 3, yah. Si Arza mah belom ngerasain yang namanya pacaran!”

“yeeee. Ngapain coba pacaran, ribet ngurusin cewe. Gue udah sering liat temen-temen gue stress ngurusin cewe akhirnya mereka pada ngeroko”

“Arza, kamu serius belum pernah pacaran?” ibu bertanya.

“belum bu.”

“tapi dia masih deket sama Ghina, bu. Anaknya Pak Nugraha.”

“iyalah gimana gak deket. Temen sebrojol. Dia malah lebih ngerti gue daripada lo haha”

“kenapa gak sama ghina?” lagi-lagi, ibu melempar pertanyaan yang super wiper bingung harus jawab apa.

“gak ah. Enakan gini bu.”

“jalanin aja, za. Mungkin aja dia juga suka sama kamu. Kamu nya aja nih yang cemen gak mau nunjukin perasaan kamu ke dia?”

“haha bisa aja, dia sudah punya pacar, bu.”

Glek, apa yang barusan gue omongin?

*****
Ghina Alisa Nugraha

Minggu pagi berawan. Ya, terkadang hari libur lebih indah ketika hujan. Disaat semua orang mengeluh di social media atau berbagai tempat, am I the only one who loves this weather. Bentar lagi mau hujan!!! Dan gue bisa menghabiskan waktu di depan laptop untuk menonton film atau menulis cerpen pesanan temen-temen gue atau gue menghabiskan persediaan minuman coklat panas didapur.
Sadis banget, weekend gue.

Papa, the only one man I trust in this house. Orang yang selalu menemani gue selagi weekend. kedua abang gue dan adek gue? Eka Taufik Nugraha, sibuk ngurusin Tesis nya dan katanya sih mau nikah. Abang nomor dua, Indra Resa Nugraha, sibuk persiapin sidang skripsi nya dia yang katanya sih tinggal 3 minggu lagi, semangat bang!. Adek gue, Fahmi Ramdan Nugraha yang baru kelas 8 smp yang katanya sih sibuk belajar buat osn biologi minggu depan.

Gue? I am being ordinary. Nulis apa yang ada di imajinasi gue. Biasanya sih, Papa nemenin disamping gue ketika gue sedang asyik nya ngetik didepan laptop dan beliau asyik dengan Koran dan secangkir atau bahkan 3 sampai 5 cangkir kopi espresso yang dibuat oleh Mama. Mama sih biasanya nemenin gue. More than Papa did pokoknya. Karena, perempuan dirumah ya Cuma gue dan Mama. Dan, Mama adalah seorang Ibu Rumah Tangga. Kemana-mana, sama Mama. Dan juga dibuntuti oleh fahmi, anak rengek itu.

Tapi kali ini, gue gak ditemani sama Papa dan Mama. Mereka lagi di Malaysia, bertemu dengan sanak saudara disana. Jadi, adeknya Papa which is Paman gue, sedang sakit parah dan harus dijenguk. Tadinya sih rencana Papa tuh kami sekeluarga mau kesana sekaligus jalan-jalan karena semakin tua bang Eka dan  Indra, makin susah diajak pergi bareng keluarga. Ditambah, Bang Eka mau nikah. But it’s a good thing, ada perempuan baru dikeluarga kami. Hehehe. Dan kali ini, gue ditemani oleh abang gue yang lahir bathin nya sudah siap nikah tapi belum disetujui oleh Papa karena belum memberikan Ijazah S2 nya, Bang Eka.

“lagi ngapain neng?” ia menghampiriku dengan dua cangkir teh hangat. Yang pastinya, satu dari dua cangkir itu untukku.

“lagi mau buat cerpen lagi nih, bang. Kenapa?”

“gapapa. Cerpenmu bagus-bagus. Lukisan dikamarmu pun bagus-bagus.”

“hehehe makasih ya.” aku memberikan senyum terbaikku untuk abang tergagahku. (maaf ya, bang Indra!hehe)

“kamu masih deket sama Arza?”

Aku terdiam. Suntuk. Lagi-lagi. Nama itu. Aku langsung menutup laptopku dan tidak akan ingin memulai membuat cerita baru.

Aku tidak ingin membuat sesuatu yang berbau tentangnya, lagi. Untuk beberapa saat.

“Alhamdulillah deket lah haha temen satu brojol masa gak deket” jawabku hambar

“kamu suka sama dia, ya?”

“bukan sama dia, aku pacaran sama Mahar, hehe maaf ya gak cerita”

Dan persis sekali pada saat itu, hati terus terus bertanya kepadaku. Lagi-lagi, pertanyaan yang sama.


---Mutia Novianti---


0 komentar:

Posting Komentar